Sabtu, 02 Januari 2016

Softskill Bahasa Indonesia : "Struktur Penlisan Ilmiah"

Struktur Penulisan Ilmiah
PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PENERIMAAN SALES KARTU KREDIT

1.    BAGIAN AWAL
             Pada bagian ini berisi hal-hal yang berhubungan dengan penulisan ilmiah yakni sebagai berikut :
A.       Halaman Judul
Ditulis sesuai dengan cover depan sesuai aturan yang ada.
B.       Lembar Pernyataan
Yakni merupakan halaman yang berisi pernyataan bahwa penulisan karya tulis ini merupakan hasil karya sendiri bukan hasil plagiat atau penjiplakan terhadap hasil karya orang lain.
C.       Lembar Pengesahan
Pada Lembar Pengesahan ini berisi Daftar Komisi Pembimbing atau guru pembina, Pada Bagian bawah sendiri juga disertai tanda tangan Pembimbing.
D.    Abstraksi
Rangkuman dari isi tulisan dalam format yang sangat singkat atau dengan kata lain penyajian atau gambaran ringkas yang benar, tepat dan jelas mengenai isi suatu dokumen.
E.     Kata Pengantar
Berisi tuturan rasa terima kasih terhadap yang mahakuasa, tuturan rasa syukur terhadap orang-orang turut serta, keinginan penulis, serta doa.
F.      Halaman Daftar Isi
Berisi semua informasi secara garis besar dan disusun berdasarkan urut nomor halaman.
G.    Halaman Daftar Tabel
H.    Halaman Daftar Gambar, Daftar Grafik, Daftar Diagram

2.    BAGIAN TENGAH
2.1 Pendahuluan
Pada Bab Pendahuluan ini terdiri dari beberapa sub pokok bab yang meliputi antara lain :
A.    LATAR BELAKANG
(Menguraikan tentang alasan dan motivasi dari penulis terhadap topik permasalahan yang bersangkutan.)

Pada zaman dewasa ini perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sangat pesat dalam perkembangannya, terutama dalam bidang teknologi informasi. Hal ini dapat dirasakan keberadaannya serta manfaatnya diberbagai bidang kehidupan manusia. Salah satu wujud nyata dari hasil teknologi dan ilmu pengetahuan di bidang informasi adalah dalam bidang komputerisasi. Keberadaan komputer ditengah-tengah kehidupan manusia, sekarang ini sangat dibutuhkan bahkan sudah menjadi ketergantungan. Karena komputer dapat menunjang kelancaran pekerjaan yang membutuhkan kecepatan, ketepatan dan keakuratan serta keefisiensian waktu, tenaga dan biaya.
Di era globalisasi saat ini, teknologi informasi maju dengan pesat di berbagai bidang, misalnya perkantoran bahkan di dalam dunia usaha sekalipun semakin menyadari kehadiran komputer ditengah-tengah lingkungan kerja mereka, yang merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah yang dihadapi. Perkembangan teknologi komputer diiringi dengan semakin canggihnya sistem informasi yang berkembang dewasa ini.  
Demikian pula dengan Bank International Indonesia (BII) yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang perbankan. BII merasakan perlu adanya suatu sistem yang berbasiskan komputer dalam menangani permasalahan Database Sales, Team Leader dan Sales Manager yang merupakan sangat penting untuk memantau kinerja masing-masing team itu sendiri.
Melihat tugas dan fungsi yang harus dilaksanakan oleh bagian Marketing BII untuk memantau kinerja team yang ada dicabang  dengan segala macam permasalahannya, maka BII membangun suatu sistem yang lebih canggih yaitu dengan menggunakan program java yang lebih canggih agar tidak perlu membuat laporan setiap minggu.
Sejauh ini sistem yang ada pada BII masih menggunakan ms office yang masih banyak kekurangan. Sehingga banyak pertanyaan yang timbul dari dalam maupun dari luar unit kerja ini. Apakah sistem pengolahan data sales, team leader, dan sales manager yang ada dicabang dapat dilakukan dengan lebih cepat, tepat dan akurat untuk mengefisienkan pekerjaan yang ada di BII tersebut. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa jumlah pelamar yang mengajukan melamar banyak serta variabel bobot penilaian yang banyak juga, maka perlu dibangun aplikasi pendukung keputusan yang akan membantu penentuan siapa yang akan berhak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.
Model yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan ini adalah Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMDAM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW), meskipun dengan alur algoritma yang sederhana menjadi pertimbangan dalam mengaplikasikannya menjadi perangkat lunak yang sesuai dengan waktu pembuatan tugas akhir. Bila dibandingkan dengan metode AHP atau metode pendekatan Subyektif – Obyektif metode FMDAM dengan SAW dalam hasil perangkingan terhadap kriteria dan bobot yang telah ditentukan relatif sama meskipun setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

B.     IDENTIFIKASI MASALAH
Berikut ini adalah  identifikasi masalah yang dapat digambarkan melalui  penulisan Skripsi / Tugas Akhir  ini, diantaranya adalah :
1.   Apakah sistem penerimaan calon karyawan sudah dilakukan secara komputerisasi ?
2.   Apakah alur atau proses penerimaan calon karyawan sudah dilakukan secara efektif dan efisien  ?
3.   Apakah penyimpanan data dan hasil sudah  tersusun  secara sistematis ?
4.   Apakah masih sering terjadi kekeliruan dalam penyusunan laporan penerimaan karyawan baru ?
5.   Apakah terdapat ketidak akuratan dalam proses penilaian hasil wawancara seleksi karyawan ?
6.   Bagaimana proses pelaporan kepada pimpinan ?

C.    BATASAN PERMASALAHAN
(Memberikan batasan yang jelas pada bagian mana dari persoalan atau masalah yang dikaji dan bagian mana yang tidak.)

Pada dasarnya permasalahan dalam penerimaan sales ini cukup luas, tetapi agar sesuai yang telah direncanakan sebelumnya diperlukan batasan-batasan agar tujuan penelitian dapat tercapai. Adapun batasan-batasan dalam penelitian adalah sebagai berikut :
1.   Data yang dianalisa merupakan data yang diperoleh dari Bank International Indonesia.
2.   Metode pengambilan data diperoleh dengan menggunakan surat lamaran yang dikirim oleh pelamar.
3.   Sistem yang dibangun masih bersifat stand alone.
4.   Model yang digunakan untuk pengambilan keputusan yaitu model Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW).
5.   Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman Netbeans dan database PHP Myadmin.
D.    Perumusan Masalah
(Berisi masalah apa yang terjadi dan sekaligus merumuskan masalah dalam penelitian yang bersangkutan.)

1.   Bagaimana membuat aplikasi sistem keputusan penerimaan sales kartu kredit?
2.   Bagaimana proses penilaian dilakukan secara efektif dan efisien?
3.   Bagaimana memberikan pelaporan kepada pimpinan secara komputerisasi?
E.     Tujuan Penelitian
(Menggambarkan hasil-hasil apa yang bisa dicapai dan diharapkan dari penelitian ini dengan memberikan jawaban terhadap masalah yang diteliti.)

1. Dengan cara menggunakan bahasa pemograman dengan sistem keputusan yang menggunakan metode SAW.
2. Dengan cara membuat pengecilan angka yang diambil dari biodata pelamar sehingga kita bisa menghitung hasil dari data yang ada.
3. Dengan cara mengambil data dari database hasil yang telah diperoleh dari perhitungan yang telah didapatkan lalu dikirimkan melalui email.

F.     Sistematika Penulisan
(Memberikan gambaran umum dari bab ke bab isi dari Penulisan Karya tulis ilmiah)

Sebelum mengemukakan dan merumuskan keadaan perusahaan yang akan dibahas, terlebih dahulu akan dikemukakan sistematika penulisan yang akan dipergunakan dalam penulisan tugas  akhir ini agar lebih terarah sesuai dengan fokus tujuan yang dikehendaki. Adapun sistematika penulisan dari skripsi/tugas akhir ini adalah sebagai berikut :
BAB I            PENDAHULUAN
            Dalam bab ini penulis mengemukakan tentang gambaran awal          mengenai latar belakang, identifikasi masalah, pembatasan        masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, kegunaan             penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II           LANDASAN TEORI
            Memuat tentang kajian–kajian teori yang melandasi pembahasan dalam penulisan ilmiah. Bab ini meliputi pembahasan tentang pengertian dasar sistem, perancangan sistem, basis data. Selain itu, bab ini juga memuat tentang penelitian yang relevan, dan kerangka berpikir.
BAB III          METODELOGI PENELITIAN
            Bab ini menjelaskan tentang waktu dan tempat penelitian, metode   penelitian, metode pengumpulan data, dan langkah-langkah        pengembangan sistem.
BAB IV          RANCANGAN SISTEM
Bab ini berisi definisi masalah dan penyelesaian, Algoritma penyelesaian masalah  dengan flowchart dan pseudocode, pembahasan algoritma, rancangan layar, penjelasan rancangan layar.
BAB V           HASIL DAN UJI COBA
            Bab ini berisi tentang penggunaan program (manual book), Ujicoba program dengan contoh data, pembahasan hasil ujicoba, penjelasan tentang kelebihan dan kelemahan sistem dan perbandingannya dengan sistem yang lain.
BAB VI          PENUTUP
            Dalam bab ini, penulis menyajikan tentang kesimpulan dan saran-    saran pada skripsi / tugas akhir ini.

2.2  LANDASAN TEORI
(Menguraikan teori-teori yang menunjang penulisan / penelitian, yang bisa diperkuat dengan menunjukkan hasil penelitian sebelumnya.)

Dalam mendefinisikan sistem, ada dua kelompok pendekatan yaitu pendekatan yang menekankan pada prosedurnya dan pendekatan yang menekankan pada komponen atau elemennya. Pendekatan sistem yang menekankan pada prosedurnya didefinisikan oleh Jogiyanto (2005:1) sebagai berikut :
“Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.”
Pendekatan sistem yang merupakan jaringan kerja dari prosedur lebih menekankan urutan-urutan operasi di dalam sistem. Sedangkan, pendekatan sistem yang menekankan pada komponen atau elemennya didefinisikan oleh Jogiyanto (2005:2) bahwa sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Suatu sistem dapat terdiri dari sistem–sistem bagian (subsistem) yang saling berinteraksi, sebagai akibat adanya input yang diproses menjadi output/informasi, misalnya sebuah komputer terdiri dari beberapa komponen. Apabila salah satu bagian dari sistem tidak ada maka sistem tersebut tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

2.3  METODE PENELITIAN
(Menjelaskan cara pengambilan dan pengolahan data dengan menggunakan alat-alat analisis yang ada.)
Dalam melakukan penelitian senantiasa diperlukan suatu metode penelitian yang sesuai dengan pokok permasalahan yang akan diteliti, sedang metode penelitian itu sendiri menurut  Marzuki (2005: 10) bahwa penelitian merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji suatu pengetahuan dengan cara mengumpulkan, mencatat, dan menganalisis informasi data yang dilakukan dengan sabar, hati-hati, terencana dan sistematis serta berasarkan ilmu pengetahuan.
           Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk memecahkan masalah aktual, yaitu metode yang membicarakan beberapa kemungkinan untuk memecahkan masalah yang aktual, dengan jalan mengumpulkan data, menyusun atau mengklasifikasikannya, menganalisa dan menginterpretasikannya (Moh. Nazir, 2005:54). Senada dengan pernyataan tersebut, Ali menyatakan bahwa penelitian deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk menjabarkan suatu keadaan atau fenomena yang ada secara apa adanya. Objeknya berupa fenomena aktual, yang terjadi pada masa kini dalam suatu populasi tertentu atau berupa kasus yang aktual dalam kehidupan sehari-hari (Ali, 1993 dalam Sutedi, 2009: 58).
           Selain itu, penelitian ini menggunakan metode grounded (grounded research) yaitu suatu metode penelitian berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis di lapangan dengan tujuan untuk mengetahui dan mengumpulkan data yang berhubungan dengan masalah yang ada selama ini. Dengan metode ini diharapkan dapat mengetahui kekurangan dari proses yang ada sehingga mempermudah penulis dalam membuat rancangan sistem informasi aplikasi pemberian kredit barang.
2.4 ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN
Membahas tentang keterkaitan antar faktor-faktor dari data yang diperoleh dari masalah yang diajukan kemudian menyelesaikan masalah tersebut dengan metode yang diajukan dan menganalisa proses dan hasil penyelesaian masalah.
a.       Pembahasan Algoritma model FMDAM dengan metode SAW
Dalam penerimaan pegawai dengan menggunakan model Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan metode Simple Addtive Weighting diperlukan kriteria-kriteria dan bobot untuk melakukan perhitungannya sehingga akan didapat alternative terbaik, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah yang berhak diterima sebagai Sales berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan.
           
2.5 KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini bisa terdiri dari Kesimpulan saja atau ditambahkan Saran.
 Kesimpulan
Berisi jawaban dari masalah yang diajukan penulis, yang diperoleh dari penelitian.
 Saran
Ditujukan kepada pihak-pihak terkait, sehubungan dengan hasil penelitian
A.    KESIMPULAN
Setelah melakukan analisis, perancangan, implementasi dan pengujian, maka dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
1.    Sistem yang dibangun dapat membantu kinerja kerja user dalam penyeleksian penerimaan Sales.
2.    Sistem yang dibangun relatif dapat mempercepat proses penyeleksian penerimaan Sales.
3.    Sistem yang dibangun diharapkan dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan tercapainya efisensi biaya.
4.    Sistem yang dibangun relatif dapat mempermudah user dalam menentukan menerima Sales.
B.     SARAN
Adapun saran-saran bagi user, admin dan Staf IT agar aplikasi ini dapat berguna dengan baik adalah sebagai berikut :
1.                  Pengelolaan bilangan Fuzzy dibuat jadi leih dinamis.
2.    Jika hasil akhir dari penjumlahan data sama, maka diperlukan kebijakan dari user yang bersangkutan untuk menerima Sales.
3.    Data yang dimasukkan kedalam program diharapkan menggunakan data yang benar.

3.    BAGIAN AKHIR
Daftar Pustaka
Berisi daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dll), yang digunakan dalam penulisan

DAFTAR PUSTAKA
Ferbrian Jack, 2004, Pengetahuan Komputer dan Teknologi Informasi, Informatika, Bandung.
G. Sri Hartai, B. Herry Suharto, M. SoesiloWijono, 2007, Pemrograman GUI Swing Java denganNetbeans 5, Andi, Yogyakarta.
Khoirudin, Akhmad Arwan. (2008) SNATI Sistem Pendukung Pengambilan
Keputusan Penentuan Kelayakan Calon Rintisan Sekolah Bertaraf
Internasional dengan Metode FUZZY Associative Memory. Universitas Islam Nusantara.
Kendall, Kenneth E, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Indeks, Jakarta, 2006.
Kristanto, Andi. 2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. (2006). Fuzzy
Kusumadewi, Sri. (2005) Pencarian Bobot Atribut Pada Multiple-Attribute
Desestion Making dengan Menggunakan Algoritma Genetika.
Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Penerbit
Graha Ilmu.
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor. Penerbit : Ghalia Indonesia.
Nugroho, Adi. 2004. Konsep Pengembangan Sistem Basis Data. Bandung:
Informatika.

Sidik, Betha (2004) MySql. Info Bandung

1 komentar:

  1. Casino Slot Machines - Airjordan2 Retro
    The game how to buy air jordan 18 retro yellow suede has some of the best sound of all time air jordan 18 stockx to good site with an intense sense of scale that makes it one air jordan 18 retro men red online of the best video game systems. All where can i find air jordan 18 retro yellow suede the air jordan 18 retro racer blue online store players

    BalasHapus