Sabtu, 06 Agustus 2016
SISTEM INFORMASI RESTAURANT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI TERCANGGIH
ABSTRAKSI
Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap
perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di
dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu
jaringan komputer yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan
dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan
teknologi jaringan yang sangat pesat. Tetapi dalam beberapa hal terhubung
dengan internet bisa menjadi suatu ancaman yang berbahaya, banyak serangan
yang dapat terjadi baik dari dalam maupun luar seperti virus, maupun hacker.
Pada akhirnya security komputer dan jaringan komputer akan memegang
peranan yang penting dalam kasus ini.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sistem informasi pada perusahaan
makanan berbasis telekomunikasi jaringan yang menggunakan teknologi
terbaru yang dapat mempermudah konsumen untuk memesan dan membayar
makanan.
PENDAHULUAN
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas
orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan
manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering
digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan
teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak
hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK),
tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam
mendukung proses bisnis.
Jaringan secara umum adalah sekumpulan elemen yang saling berhubungan
melakukan suatu fungsi khusus untuk mencapai tujuan bersama. Jaringan-
jaringan yang berbeda dapat bekerja sama untuk suatu tujuan bersama.
PEMBAHASAN
Pada kali ini, kami telah mensurvey dan telah mewawancara sebuah restaurant
makanan yang cukup terkenal di era yang modern ini. Kami mensurvey
restaurant ternama Genki-Sushi Restaurant dengan rasa High-Tech. Pelayanan
berbasis teknologi canggih dengan tidak lagi bergantung pada manusia saat
makan di restoran Jepang tampaknya mulai menjamur. Restoran Jepang, Genki
Sushi merupakan salah satunya.
Di Genki Sushi, konsumen tidak perlu repot-repot memanggil waiters saat ingin
memesan dan membayar makanan. Lalu, bagaimana caranya? Saat ingin
memesan makanan, konsumen hanya perlu memilih makanan dalam tablet yang
telah disediakan di atas meja. Tinggal klik menu pilihan lalu tekan tombol
confirm. Dengan sendirinya, makanan yang dipesan akan diantar.
Dalam pengantaran makanan pun menggunakan teknologi canggih. Pesanan
akan diantar menggunakan train atau kereta pengantar makanan. Train tersebut
akan berhenti di meja, lalu ambil makanannya untuk disantap. Jangan lupa,
tekan tombol menyala untuk mengembalikan train ke tempat semestinya jika
sudah mengambil pesanannya.
Terakhir, saat ingin membayar seluruh menu pesanan cukup dengan tekan
tombol view bill di tablet menunya. "Bill diantar, lalu konsumen tinggal bayar
ke kasir. Memang, pelayanan berbasis teknologi kerap menjadi pembeda antara
Genki Sushi dengan restoran Jepang lainnya. Selain itu, Genki Sushi juga
memberikan pelayanan terbaiknya lewat pelayanannya yang terbilang cepat.
Para konsumen tidak perlu lama menunggu pesanan. Pesanan akan cepat
diantar.
PENUTUP
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam
kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan
kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat
diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi
kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan serta sebagai cara baru
dalam melakukan aktivitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi
masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi
yang telah dihasilkan, contohnya Genki Sushi ini yang sangat memudahkan kita
dalam pemesanan makanan dan pengantaran makanan dengan tidak harus
menunggu pelayan datang agar kita dilayani. Jadi kita hanya klik-klik pada
tablet yang sudah disediakan, lalu makanan pun tiba.
Nama Kelompok:
*Amputama Sirait
*M. Ade Fauzi Siregar
*Widya Jatiningsih
Kelas : 2KA23
MATKUL : Manajemen Layanan Sistem Informasi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
tingkatkan pelayanan restoran dengan sistem erp management restaurant
BalasHapusterbaik, dengan sistem erp ini dapat memudahkan segala proses management mulai dari administrasi, kasir sampai dengan dapur.s