Sabtu, 06 Agustus 2016

SISTEM INFORMASI RESTAURANT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI TERCANGGIH



ABSTRAKSI

Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap

perusahaan terdapat jaringan  komputer untuk memperlancar arus informasi di

dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu

jaringan komputer yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan

dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan

teknologi jaringan yang sangat pesat. Tetapi dalam beberapa hal terhubung

dengan internet bisa menjadi suatu ancaman yang berbahaya, banyak serangan

yang dapat terjadi baik dari dalam maupun luar seperti virus, maupun hacker.

Pada akhirnya security komputer dan jaringan komputer akan memegang

peranan yang penting dalam kasus ini.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sistem informasi pada  perusahaan

makanan berbasis telekomunikasi jaringan yang menggunakan teknologi

 terbaru yang dapat mempermudah konsumen untuk memesan dan membayar

makanan.


PENDAHULUAN

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas

orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan

manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering

digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan

teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak

hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK),

tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam

mendukung proses bisnis.

Jaringan secara umum adalah sekumpulan elemen yang saling berhubungan

melakukan suatu fungsi khusus untuk mencapai tujuan bersama. Jaringan-

jaringan yang berbeda dapat bekerja sama untuk suatu tujuan bersama.


PEMBAHASAN

Pada kali ini, kami telah mensurvey dan telah mewawancara sebuah restaurant

makanan yang cukup terkenal di era yang modern ini. Kami mensurvey

restaurant ternama Genki-Sushi Restaurant dengan rasa High-Tech. Pelayanan

berbasis teknologi canggih dengan tidak lagi bergantung pada manusia saat

makan di restoran Jepang tampaknya mulai menjamur. Restoran Jepang, Genki

Sushi merupakan salah satunya.

Di Genki Sushi, konsumen tidak perlu repot-repot memanggil waiters saat ingin

memesan dan membayar makanan. Lalu, bagaimana caranya? Saat ingin

memesan makanan, konsumen hanya perlu memilih makanan dalam tablet yang

telah disediakan di atas meja. Tinggal klik menu pilihan lalu tekan tombol

confirm. Dengan sendirinya, makanan yang dipesan akan diantar.

Dalam pengantaran makanan pun menggunakan teknologi canggih. Pesanan

akan diantar menggunakan train atau kereta pengantar makanan. Train tersebut

akan berhenti di meja, lalu ambil makanannya untuk disantap. Jangan lupa,

tekan tombol menyala untuk mengembalikan train ke tempat semestinya jika

sudah mengambil pesanannya.

Terakhir, saat ingin membayar seluruh menu pesanan cukup dengan tekan

tombol view bill di tablet menunya. "Bill diantar, lalu konsumen tinggal bayar

ke kasir. Memang, pelayanan berbasis teknologi kerap menjadi pembeda antara

Genki Sushi dengan restoran Jepang lainnya. Selain itu, Genki Sushi juga

memberikan pelayanan terbaiknya lewat pelayanannya yang terbilang cepat.

Para konsumen tidak perlu lama menunggu pesanan. Pesanan akan cepat

diantar.


PENUTUP
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam

kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan

kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat

diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi

kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan serta sebagai cara baru

dalam melakukan aktivitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi

masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi

yang telah dihasilkan, contohnya Genki Sushi ini yang sangat memudahkan kita

dalam pemesanan makanan dan pengantaran makanan dengan tidak harus

menunggu pelayan datang agar kita dilayani. Jadi kita hanya klik-klik pada

tablet yang sudah disediakan, lalu makanan pun tiba.









Nama Kelompok:
*Amputama Sirait

*M. Ade Fauzi Siregar

*Widya Jatiningsih

Kelas : 2KA23

MATKUL : Manajemen Layanan Sistem Informasi

1 komentar:

  1. tingkatkan pelayanan restoran dengan sistem erp management restaurant
    terbaik, dengan sistem erp ini dapat memudahkan segala proses management mulai dari administrasi, kasir sampai dengan dapur.s

    BalasHapus