Halo netizen!
Pada
post kali ini saya akan membagikan pada kalian tutorial membuat animasi pada
software Blender. Animasi yang akan kita buat adalah animasi sederhana dengan
karakter jamur sebagai karakter utama, jamur yang saya maksud adalah jamur seperti
pada game mario bros. Nantinya animasi kami ini akan berfokus pada petualangan
si jamur kecil ini.
Kami
? ya, project ini saya kerjakan bersama kedua teman saya, kalian dapat
menemukan tutorial serupa pada blog mereka yaitu :
Galih
Andika Muhammad http://galihandikamp.blogspot.co.id/
Alfiansyah A Dimarty https://alfiansyahdimarty.blogspot.co.id/
Nah
sebelum saya jelaskan cara membuat animasinya, saya akan menjelaskan hal paling
mendasar dari pembuatan animasi tersebut, yaitu
Membuat
Object
Seperti
yang sudah saya bilang, object utama kami adalah karakter jamur.yang kurang
lebih akan berbentuk seperti ini :
Nah
langsung saja kita masuk ke pembahasan tutorial, Berikut adalah langkah –
langkah dalam pembuatan objek menggunakan aplikasi Blender :
1.
Buka
aplikasi blender, versi yang akan kita gunakan adalah Blender versi 2.78
2.
Setelah
terbuka, akan ada object default berbentuk kubus , hapus objek tersebut dengan
menekan tombol X, lalu pilih delete
3.
Buat
objek baru dengan menekan tombol shift+A, pilih mesh, cylinder
4.
Setelah
muncul. set properties pada tab kiri bawah menjadi seperti di bawah
5.
Setelah
muncul objek tekan A untuk select semua bagian objek
6.
Pada
tab kiri bawah pada bagian extrude pilih loop cut and slide
7.
Tempatkan
lingkaran pada bagian atas silinder. Lingkaran ini adalah edges untuk menambah
variasi bentuk
8.
Lingkaran
bisa dipindahkan dengan menekan tombol G untuk translate, pilih lingkaran
dengan menekan alt dan klik kanan pada lingkaran
9.
Tambahkan
2 lingkaran lagi seperti pada gambar di bawah
Selanjutnya
pilih bagian edges atas terluar pada silinder, dapat di select dengan menekan
tombol shift dan klik pada masing masing edges. Selanjutnya tekan S untuk scale
, arahkan ke tengah seperti pada gambar
Lakukan
pada bagian bawah hingga menjadi seperti gambar berikutnya
Pilih
bagian lingkaran seperti pada di gambar
Translate
dengan menekan tombol G dan tarik ke atas
Alihkan
pandangan sehingga seperti gambar di bawah, ubah view menjadi faces dan pilih
faces pada objek seperti di gambar
Tekan
E untuk extrude dan tarik kursor ke bawah hingga seperti pada gambar di bawah
Lakukan
langkah langkah di atas (loop cut, select, translate,scale) dan bentuk seperti
gambar di bawah
Tekan
A untuk select all object lalu pindahkan / transform lokasi seperti pada
setiingan di tab kanan pada gambar ( x =0, y= 0 , z = 1 )
Pada
tab properties di kanan pilih icon material dan pada tab tersebut tekan
new sehingga seperti gambar. Tarik keluar jendela baru dengan mengklik
segitiga di kanan atas jendela dan seret ke kiri. Kita memerlukan dua jendela
untuk operasi ini karena kita perlu melihat gambar tekstur sambil melihat objek
3D sehingga dapat melihat bagaimana objek 3D terlihat saat melukis teksturnya.
Ubah jendela kiri menjadi UV / Image Editor dengan mengklik ikon kubus kecil di
kiri bawah layar dan memilih UV / Image Editor, seperti di pada gambar di atas.
Saat
ini editor UV kosong, karena Anda belum membuka bingkainya. Kembali ke jendela
kanan, dan tekan A untuk memilih semua. Pilih Mesh dari toolbar bawah tampilan
3D, pilih UV Unwrap> Smart UV Project, dan pilih opsi default saat popup
muncul dengan mengklik OK.
Sekarang
di UV Editor, Anda akan melihat semua wajah jamur yang dipetakan ke
gambar
Tekan
B untuk mengaktifkan kotak-pilih dan gunakan tombol kiri mouse untuk menyeret
kotak di atas wajah kepala jamur, seperti yang ditunjukkan di bawah.
Lalu, unwrap kembali dengan memilih Mesh> UV Unwrap> Unwrap. Sehingga
seperti gambar
Lakukan
hal yang sama pada batangnya. pilih Mesh> UV Unwrap, tapi kali ini pilih Silinder,
karena batangnya agak silindris. Di UV Editor, Anda mungkin harus memperkecil
tampilan untuk melihat secara penuh
Klik
a untuk select all dan pada uv map akan ada faces secara keseluruhan
Kembali
ke jendela 3D , dan klik ikon Display di toolbar bawah. Saat ini disetel ke
Solid, namun pilih Tekstur. Sekarang tampilan 3D akan menampilkan tekstur
Pilih
jamur Anda lagi dengan tombol mouse sebelah kanan dan tekan Tab untuk beralih
ke mode Edit. Tekan A untuk memilih semua, dan kita akan melihat UV
muncul di UV Editor.
Klik
tombol New di bagian bawah UV Editor untuk menambahkan gambar baru di balik
meshes. Beri nama gambar "jamur21", dan klik pada color swatch. Atur
parameter warna ke Red = 1.0, Green = 0, Blue = 0, dan Alpha = 1, seperti
gambar di bawah
Sekarang
jamur akan berwarna merah
Ubah
setting pada slots, ganti painting mode manjadi image dan pilih gambar sesuai
dengan yang tadi kita save pada bagian canvas image
Selanjutnya
dengan brush buat titik putih agar jamur kita terlihat lebih mirip jamur
Jika
diinginkan kita dapat merubah setiing brush seperti pada tab kanan pada gambar,
lalu lanjut membuat titik putih untuk menghias jamur
Selanjutnya
warnai bagian batang dengan cara mewarnai bagian mesh pada UV map editor
sebelah kanan.
Tambahkan
bagian detil seperti mata dengan cara menggambar dengan brush
Jamur
sudah selesai dibuat, jangan lupa save file dan export bila perlu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar