Minggu, 07 Mei 2017

MEMBUAT OBJEK PADA BLENDER

Halo netizen!

Pada post kali ini saya akan membagikan pada kalian tutorial membuat animasi pada software Blender. Animasi yang akan kita buat adalah animasi sederhana dengan karakter jamur sebagai karakter utama, jamur yang saya maksud adalah jamur seperti pada game mario bros. Nantinya animasi kami ini akan berfokus pada petualangan si jamur kecil ini.

Kami ? ya, project ini saya kerjakan bersama kedua teman saya, kalian dapat menemukan tutorial serupa pada blog mereka yaitu :

Galih Andika Muhammad        http://galihandikamp.blogspot.co.id/
Alfiansyah A Dimarty       https://alfiansyahdimarty.blogspot.co.id/

Nah sebelum saya jelaskan cara membuat animasinya, saya akan menjelaskan hal paling mendasar dari pembuatan animasi tersebut, yaitu 

Membuat Object

Seperti yang sudah saya bilang, object utama kami adalah karakter jamur.yang kurang lebih akan berbentuk  seperti ini :




Nah langsung saja kita masuk ke pembahasan tutorial, Berikut adalah langkah – langkah dalam pembuatan objek menggunakan aplikasi Blender :

1.       
Buka aplikasi blender, versi yang akan kita gunakan adalah Blender versi 2.78

2.        


Setelah terbuka, akan ada object default berbentuk kubus , hapus objek tersebut dengan menekan tombol X, lalu pilih delete
3.        


Buat objek baru dengan menekan tombol shift+A, pilih mesh, cylinder



4.        

Setelah muncul. set properties pada tab kiri bawah menjadi seperti di bawah
5.        


Setelah muncul objek tekan A untuk select semua bagian objek



6.        

Pada tab kiri bawah pada bagian extrude pilih loop cut and slide


7.       
Tempatkan lingkaran pada bagian atas silinder. Lingkaran ini adalah edges untuk menambah variasi bentuk



8.        
Lingkaran bisa dipindahkan dengan menekan tombol G untuk translate, pilih lingkaran dengan menekan alt dan klik kanan pada lingkaran
9.       



Tambahkan 2 lingkaran lagi seperti pada gambar di bawah


  

Selanjutnya pilih bagian edges atas terluar pada silinder, dapat di select dengan menekan tombol shift dan klik pada masing masing edges. Selanjutnya tekan S untuk scale , arahkan ke tengah seperti pada gambar
  


Lakukan pada bagian bawah hingga menjadi seperti gambar berikutnya





Pilih bagian lingkaran seperti pada di gambar


   
Translate dengan menekan tombol G dan tarik ke atas



  
Alihkan pandangan sehingga seperti gambar di bawah, ubah view menjadi faces dan pilih faces pada objek seperti di gambar


  
Tekan E untuk extrude dan tarik kursor ke bawah hingga seperti pada gambar di bawah




Lakukan langkah langkah di atas (loop cut, select, translate,scale) dan bentuk seperti gambar di bawah



Tekan A untuk select all object lalu pindahkan / transform lokasi seperti pada setiingan di tab kanan pada gambar ( x =0, y= 0 , z = 1 )



Pada tab properties di kanan  pilih icon material dan pada tab tersebut tekan new sehingga seperti gambar.  Tarik keluar jendela baru dengan mengklik segitiga di kanan atas jendela dan seret ke kiri. Kita memerlukan dua jendela untuk operasi ini karena kita perlu melihat gambar tekstur sambil melihat objek 3D sehingga dapat melihat bagaimana objek 3D terlihat saat melukis teksturnya. Ubah jendela kiri menjadi UV / Image Editor dengan mengklik ikon kubus kecil di kiri bawah layar dan memilih UV / Image Editor, seperti di pada gambar di atas.



    

Saat ini editor UV kosong, karena Anda belum membuka bingkainya. Kembali ke jendela kanan, dan tekan A untuk memilih semua. Pilih Mesh dari toolbar bawah tampilan 3D, pilih UV Unwrap> Smart UV Project, dan pilih opsi default saat popup muncul dengan mengklik OK.



Sekarang di UV Editor, Anda akan melihat semua wajah jamur yang dipetakan ke gambar    



Tekan B untuk mengaktifkan kotak-pilih dan gunakan tombol kiri mouse untuk menyeret kotak di atas wajah kepala jamur, seperti yang ditunjukkan di bawah.  Lalu, unwrap kembali dengan memilih Mesh> UV Unwrap> Unwrap. Sehingga seperti gambar
   


Lakukan hal yang sama pada batangnya. pilih Mesh> UV Unwrap, tapi kali ini pilih Silinder, karena batangnya agak silindris. Di UV Editor, Anda mungkin harus memperkecil tampilan untuk melihat secara penuh

    


Klik a untuk select all dan pada uv map akan ada faces secara keseluruhan


   
Kembali ke jendela 3D , dan klik ikon Display di toolbar bawah. Saat ini disetel ke Solid, namun pilih Tekstur. Sekarang tampilan 3D akan menampilkan tekstur


  

Pilih jamur Anda lagi dengan tombol mouse sebelah kanan dan tekan Tab untuk beralih ke mode Edit. Tekan A untuk memilih semua, dan kita akan melihat UV  muncul di UV Editor.
Klik tombol New di bagian bawah UV Editor untuk menambahkan gambar baru di balik meshes. Beri nama gambar "jamur21", dan klik pada color swatch. Atur parameter warna ke Red = 1.0, Green = 0, Blue = 0, dan Alpha = 1, seperti gambar di bawah



   

Sekarang jamur akan berwarna merah


  

Ubah setting pada slots, ganti painting mode manjadi image dan pilih gambar sesuai dengan yang tadi kita save pada bagian canvas image





Selanjutnya dengan brush buat titik putih agar jamur kita terlihat lebih mirip jamur




Jika diinginkan kita dapat merubah setiing brush seperti pada tab kanan pada gambar, lalu lanjut membuat titik putih untuk menghias jamur



Selanjutnya warnai bagian batang dengan cara mewarnai bagian mesh pada UV map editor sebelah kanan.



Tambahkan bagian detil seperti mata dengan cara menggambar dengan brush



Jamur sudah selesai dibuat, jangan lupa save file dan export bila perlu.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar