Menjalankan
proses audit, tentu saja proses audit harus direncanakan terlebih dahulu.Audit
planning (perencanaan audit) harus secara jelas menerangkan tujuan
audit, kewenangan auditor, adanya persetujuan managemen tinggi, dan metode
audit. Metodologi audit:
1.
Audit subject. Menentukan apa yang akan diaudit.
2.
Audit objective. Menentukan tujuan dari audit.
3. Audit Scope. Menentukan sistem, fungsi, dan
bagian dari organisasi yang secara spesifik/khusus akan diaudit.
4. Preaudit Planning. Mengidentifikasi sumber daya
dan SDM yang dibutuhkan, menentukan dokumen-dokumen apa yang diperlukan untuk
menunjang audit, menentukan lokasi audit.
5. Audit procedures and steps for data gathering. Menentukan
cara melakukan audit untuk memeriksa dan menguji kendali, menentukan siapa yang
akan diwawancara.
6.
Evaluasi hasil pengujian dan pemeriksaan. Spesifik pada tiap
organisasi.
7.
Prosedur
komunikasi dengan pihak manajemen. Spesifik pada tiap organisasi.
8. Audit
Report Preparation. Menentukan
bagaimana cara memeriksa hasil audit, yaitu evaluasi kesahihan dari
dokumen-dokumen, prosedur, dan kebijakan dari organisasi yang diaudit. Struktur
dan isi laporan audit tidak baku, tapi umumnya terdiri atas:
·
Pendahuluan.
Tujuan, ruang lingkup, lamanya audit, prosedur audit.
·
Kesimpulan umum dari auditor.
·
Hasil audit.
Apa yang ditemukan dalam audit, apakah prosedur dan kontrol layak atau tidak.
·
Rekomendasi. Tanggapan dari manajemen (bila perlu).
· Exit interview.
Interview terakhir antara auditor dengan pihak
manajemen untuk membicarakan temuan-temuan dan rekomendasi tindak lanjut. Sekaligus
meyakinkan tim manajemen bahwa hasil audit sahih
Audit dalam konteks teknologi informasi adalah memeriksa
apakah sistem komputer berjalan semestinya. Tujuh langkah proses audit:
- Implementasikan sebuah strategi audit berbasis manajemen risiko serta control
practice yang dapat disepakati semua pihak.
- Tetapkan langkah-langkah audit yang rinci.
- Gunakan fakta/bahan bukti yang cukup, handal, relevan, serta
bermanfaat.
- Buatlah laporan beserta kesimpulannya berdasarkan fakta yang
dikumpulkan.
- Telaah apakah tujuan audit tercapai.
- Sampaikan laporan kepada pihak yang berkepentingan.
- Pastikan bahwa organisasi mengimplementasikan managemen risiko serta control practice
Tidak ada komentar:
Posting Komentar